Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh sebagian laptop pada umumnya adalah masalah pada touchpad mouse. Baik itu pada touchpad yang tidak dapat digunakan atau juga scroll touchpad yang tidak berfungsi. Kali ini IWL Blog akan membahas kerusakan yang terjadi pada scroll touchpad laptop. Apakah sekarang ini Anda sedang mengalaminya ? Jangan khawatir sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah jika itu memang terdapat pada kerusakan dalam segi sistemnya. 
Ini juga terjadi pada laptop saya tadi sore. Sebelumnya, pastikan kalau scroll touchpad Anda dalam keadaan aktif, maksudnya pada Laptop biasanya terdapat shortcut untuk mematikan scroll touchpad. Seperti pada Laptop Acer, untuk menonaktifkan scroll cukup menekan Fn + F12. Mungkin saja sebab scroll tidak berfungsi adalah karena Anda menekan Fn + F12 pada keyboard.
Selain itu jika scroll touchpad tidak berfungsi, saya tinggal merestart komputer dan masalah selesai. Tetapi ternyata scroll touchpad masih dalam keadaan tidak berfungsi. Setelah blog walking kesana kemari, ternyata masalah sebenarnya terdapat pada driver yang mungkin rusak karena terhapus / terkena virus / dll. Untuk mengatasinya tentunya dengan menginstall ulang driver atau update driver. Disini caranya bisa Anda praktekan langsung, namun Anda harus terkoneksi dengan Internet.
Berikut Cara Mengatasi Scroll Laptop yang Tidak Berfungsi :
1. Buka Control Panel
2. Pilih Hardware and Sound > Pilih Mouse
3. Masuk ke Tab Hardware > Klik Propertise
mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi
4. Pada Tab General, Klik Change Setting
mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi
Jika tidak terdapat pilihan Change Setting, maka langsung saja masuk ke Tab Driver
5. Masuk ke Tab Driver > Klik Roll Back Driver > Klik OK sampai selesai
6. Sekarang Klik Update Driver
mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi
7. Lalu pilih Search Automatically for Update Driver Software
mengatasi scroll touchpad tidak berfungsi
8. Tunggu saja proses update driver hingga proses selesai. Komputer akan meminta untuk merestart, lanjutkan untuk merestart jika memang Anda ingin merestartnya.
Selesai.
jika langkah update driver diatas sudah dicoba, namun masih tetap tidak berfungsi. Mungkin kerusakan juga terdapat pada sisi hardwarenya.

0 komentar:

Poskan Komentar